Kenali Lebih Jauh Tentang Gejala Diabetes Mellitus?

Diabetes Mellitus

Kenali Lebih Jauh Tentang Gejala Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus adalah salah satu jenis penyakit dimana kadar gula darah seseorang yang tinggi disebabkan karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin. Di Indonesia penyakit diabets Mellitus biasa dikenal dengan penyakit kencing manis atau penyakit kencing gula. Beberapa penyebab penyakit diabetes mellitus adalah karena berkurangnya hormon insulin dalam tubuh atau aktifitas insulin terganggu atau karena terganggunya transporter glukosa dalam tubuh.

Diabetes mellitus tergolong penyakit sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit lain seperti Alzheimer, ataxia-telangiectasia, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria, distrofi miotonis, penyakit Parkinson, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme dan lain-lain.

Gejala Diabetes Mellitus

– Banyak kencing (poliuria).
– Haus dan banyak minum (polidipsia), lapar (polifagia).
– Letih, lesu.
– Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya
– Lemah badan, kesemutan, gatal, pandangan kabur, disfungsi ereksi pada pria, dan pruritus vulvae pada wanita

Pembagian Diabetes Mellitus

Organisasi kesehatan dunia WHO membagi jenis penyakit diabetes mellitus berdasarkan perawatan dan symptoma :

1. Diabetes Mellitus tipe 1 adalah diabetes yang terjadi karena berkurangnya rasio insulin dalam sirkulasi darah akibat hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans pankreas dan dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

2. Diabetes mellitus tipe 2 adalah tipe diabetes mellitus yang terjadi bukan disebabkan oleh rasio insulin di dalam sirkulasi darah, melainkan merupakan kelainan metabolisme yang disebabkan oleh mutasi pada banyak gen

3. Diabetes mellitus tipe 3 atau dikenal dengan Diabetes mellitus gestasional adalah diabetes melitus yang terjadi hanya selama kehamilan dan pulih setelah melahirkan, dengan keterlibatan interleukin-6 dan protein reaktif C pada lintasan patogenesisnya. Hal ini kemungkinan dapat merusak kesehatan janin atau ibu, dan sekitar 20–50% dari wanita penderita GDM bertahan hidup.

itulah mungkin sekilas gambaran singkat tentang penyakit diabetes mellitus.

sumber : wikipedia.org

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Sederhana Cara Mengobati Diabetes Mellitus – Sehat123.Info

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*